Asian-World Defence News, Defense and Constellation Strategic, Ocean Defence Scenario, Defense Security Cooperation, Analyzing, Evaluating, Controlling, Technology, Global Trends 2025, Transformed World, The Global Conspiracy

Buku : Indonesia Emergensi, 3 Sumbu Mega Ancaman (Early Warning Threatening of 21st Century) Materi 5 2

Asean Damai | 07.17 |

Berbagai upaya dilakukan negara-negara di  kawasan Asia Tenggara dan Pacific secara bersama-sama untuk menciptakan “Peace and Global Transformation”. Upaya tersebut diantaranya adalah untuk menghindari adanya konflik terhadap penguasaan sumber daya alam dengan interlinkage-nya terhadap berbagai aspek seperti  krisis ekonomi,  pembangunan,  sosial budaya dan politik. Negara-negara di kawasan ASEAN (The Association of Southeast Asian Nations)  adalah  penghasil  sumber  daya  alam yang  terbesar  dunia  yang  memberikan pengaruh yang cukup tinggi terhadap persentase prekonomian dunia, seperti : Pilipina, Brunei, Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Singapura menghasilkan antara lain : 82 %  karet,  70 % kopra dan kelapa,  70 %  timah, 56 % minyak sawit, dan 50 % kayu keras.

Sedangkan Indonesia penghasil  terbesar persediaan ikan dunia, dan sebagai urutan kedua adalah Thailand serta  menyusul Pilipina sebagai  eksportir ikan tuna terbesar ke pasar AS. Disamping itu Thailand juga salah satu eksportir beras terbesar di dunia,  selain itu Pilipina juga membangun perkebunan nanas yang paling besar di dunia. Sebagai dampaknya timbul daya tarik yang sangat besar terhadap kekayaan sumber daya alam tersebut dan mengakibatkan timbulnya berbagai persoalan pada proses pengelolaannya yang pada akhirnya menimbulkan konflik terhadap produktifitas secara internasional. Termasuk timbulnya disposisi sumber daya alam yang menjadikan issu terhadap situasi nasional dan survival manusia, pada sisi lain timbulnya perselisihan paham dan perbedaan di dalam hal pendekatan, prioritas, dan filosofi. Konflik lain adalah batas wilayah yurisdiksi nasional antara negara-negara Asean terhadap pengelolaan bahan baku yang bernilai tinggi seperti penambangan minyak, gas bumi dan mineral lainnya seperti yang sudah dijelaskan pada halaman sebelumnya. 

Halaman selanjutnya : Buku : Indonesia Emergensi, 3Sumbu Mega Ancaman (Early Warning Threatening of 21st Century) Materi  5


Klik profil saya banyak yang menarik dan berbagi ........





2 Responses So Far:

Unknown mengatakan...

Setuju kekayaan Indonesia yang sangat besar harus diselamatkan....thanks

Unknown mengatakan...

Benar negara kita memiliki laut yang paling luas di dunia, jadi setuju klu teknologi pertahanan bawah laut diperkuat lagi, ok pak….

Terimakasih atas komentarnya, anda satu diantara masyarakat dunia yang berpikiran maju dan seorang motivator yang selalu membangkitkan mimpi semua teman untuk mencapai kemajuan.....dan setelah ini dengan senang hati kami akan segera menanggapi komentar anda.